Jumat, 08 Januari 2010

DAERAHKUMUH

INTERNATIONAL SEMINAR ON SLUM UPGRADING TOWARDS SUSTAINABLE HABITAT SYSTEM DEVELOPMENT

Masalah “daerah kumuh” telah secara global dibahas. Dalam rangka pembangunan berkelanjutan, manajemen “kawasan kumuh” sangat penting untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat mendukung untuk jangka waktu lebih lanjut, meningkatkan kualitas lingkungan dan mendistribusikan alokasi sumber daya yang sama demi masa depan. Dalam rangka mencapai pembangunan berkelanjutan, pembuat keputusan yang terlibat dalam “kawasan kumuh” harus segera mengusulkan alternatif solusi pada masalah perumahan bagi masyarakat miskin dan rendahnya akses terhadap infrastruktur dasar.

Pembuat keputusan memerlukan dukungan untuk menghasilkan kebijakan yang berlaku, melalui strategi perencanaan yang komprehensif, termasuk alat atau metode perencanaan dan pengelolaan lahan yang berkesinambungan. Untuk melakukannya, pengambil keputusan harus dapat diandalkan, sampai tanggal dan informasi yang benar pada penyelesaian, spasial karakteristik dan distribusi sumber daya. Sistem Informasi sistematik harus mencakup informasi tentang sumberdaya lahan untuk tanah darat berbasis perbankan dan pajak; potensi air minum yang aman; penyediaan infrastruktur, jaringan jalan dan listrik, sosial-ekonomi dan fasilitas pelayanan, dan penghidupan masyarakat.

Dari pengalaman, kita dapat menyimpulkan bahwa ada kebutuhan untuk berkembang di daerah kumuh mengidentifikasi masukan baik melalui data dan informasi. Setelah itu, pengambil keputusan dapat dengan mudah mengidentifikasi orang yang membutuhkan perumahan yang layak.
Bertolak dari latar belakang tersebut maka Pusat Studi Perumahan dan Permukiman Universitas Gadjah Mada mengadakan INTERNATIONAL SEMINAR ON SLUM UPGRADING TOWARDS SUSTAINABLE HABITAT SYSTEM DEVELOPMENT yang akan di selenggarakan pada tanggal 24-26 Maret 2010. Informasi selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar