Sabtu, 16 Januari 2010

Haiti Earthquake.

Haiti Earthquake. Pada tanggal 12 Januari 2010 pukul 4:53 waktu setempat, sebuah gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter melanda Pulau Hispaniola, hanya 15 kilometer (10 mil) barat daya dari ibukota Haiti Port-au-Prince. Selain besarnya magnitude yang sangat kuat, gempa dangkal dengan kedalaman sekitar 8,3 kilometer (5,2 mil) dipastikan di beberapa titik merasakan getaran yang sangat kuat.

Peta Gempa Haiti

Peta ini menunjukkan pengaruh topografi dan tektonik di wilayah gempa. Wilayah laut muncul dalam nuansa biru, dan daerah tanah muncul dalam nuansa cokelat. Warna ringan menunjukkan elevasi yang lebih tinggi di daratan dan kedalaman dangkal di dalam air. Lingkaran hitam menandai lokasi gempa ditentukan oleh USGS, dan ukuran lingkaran sesuai dengan magnitude gempa. Puluhan gempa susulan mengikuti gempa utama. Garis-garis merah menunjukkan jalur patahan.

USGS melaporkan bahwa gempa bumi terjadi di sepanjang batas antara Karibia dan Amerika Utara. Dua lempeng tektonik bertemu di strike-slip fault dengan piring Karibia bergerak ke arah timur sehubungan dengan lempeng Amerika Utara. 12 Januari adalah gempa bumi yang terburuk yang menyerang wilayah itu dalam beberapa dekade, dan mungkin lebih dari satu abad.

Menurut laporan berita, sekolah, rumah sakit, gedung pemerintah, pusat-pusat bantuan, dan rumah roboh. Pihak berwenang melaporkan bahwa ribuan orang dikhawatirkan tewas. Masyarakat bergegas untuk menyelamatkan teman-teman dan anggota keluarga tanpa fasilitas listrik atau layanan telepon yang berfungsi sementara lebih dari 30 gempa susulan mengguncang daerah itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar