Selasa, 06 April 2010

KEBUMIAN

Kelompok Keilmuan Geologi adalah kelompok keilmuan yang mendasarkan kepada prinsip-prinsip dasar ilmu geologi yang fundamental yaitu ; petrologi, stratigrafi dan geologi struktur. Di dalam pengembangannya Keilmuan Geologi akan terkait dengan bidang-bidang yang lebih spesifik yaitu mineralogi, geokimia, volkanologi, sedimentologi, paleontologi-mikropaleontologi, geofisika, seismologi, tektonik dan geomekanika.

Kelompok Keilmuan ini disamping menekankan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang utama yang fundamental tersebut, juga berperan aktif mendukung pengembangan teori dan konsep yang terkait dengan pemanfaatan sumberdaya geologi seperti mineral (strategis dan industri) dan energi (minyak dan gas bumi, batubara) dan memberikan kontribusi dalam masalah yang terkait dengan keunikan geologi Indonesia seperti kegunung-apian dan kegempaan.

Kegiatan KBK Paleontologi dan Geologi Kuarter terutama yang berhubungan dengan makropaleontologi / makrofosil invertebrata dan juga hewan bertulang belakang (vertebrata) serta fosil manusia. Karena pada umumnya hewan-hewan bertulang belakang banyak dijumpai pada endapan yang berumur Kuarter (Plestosen), maka dalam hal ini diperlukan juga suatu ilmu pendukung yang penting dalam penafsiran iklim purba dan lingkungan tempat hidup dari fosil vertebrata dan manusia purba tersebut. Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari sisa-sisa kehidupan purba dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Untuk pengembangan ilmu peleontologi vertebrata dan manusia perlu didukung dengan pengembangan Geologi Kuarter, termasuk Paleoantropologi dan Geoarkeologi.

Dalam makropaleontologi sendiri tidak hanya mengembangkan paleontologi vertebrata tetapi juga mengembangkan makrofosil lainnya seperti moluska, koral, dll. Pengembangan makropaleontologi seperti moluska dan koral adalah bertujuan untuk dapat membantu dalam pengembangan Geologi dalam bidang stratigrafi dan sedimentologi untuk penentuan umur dan juga paleoenvironment serta paleogeografi.

Ilmu Yang Dikembangkan Geologi meliputi :

1. Geodinamika
2. Geokimia
3. Geokomputasi
4. Inderaja
5. Paleontologi
6. Petrologi dan Geologi Ekonomi
7. Stratigrafi-sedimentologi
8. Vulkanologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar