Senin, 26 Juli 2010

Objek Wisata Tasikmalaya dan Priangan Timur

Objek Wisata Tasikmalaya dan Priangan Timur
Sebagian besar wilayah Tasikmalaya merupakan daerah pegunungan, dengan puncaknya Gunung Galunggung dan Gunung Telagabodas. Tasikmalaya memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata di dataran rendah 20°-34° C dan di dataran tinggi 18°-22° C.

Masyarakat Tasikmalaya umumnya bertumpu pada sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, selain juga bertumpu pada sektor pertambangan seperti pasir Galunggung yang memiliki kualitas cukup baik bagi bahan bangunan, industri, dan perdagangan. Industri pariwisata di sini berkembang pesat ke arah kerajinan tangan.

Tasikmalaya, dikenal sebagai basis perekonomian rakyat dan usaha kecil menengah seperti kerajinan dari bambu, batik, dan payung kertas. Namun, sangat disayangkan, seiring dengan kebijakan investasi besar-besaran di era 1990-an, potensi ekonomi rakyat di daerah ini cenderung terpinggirkan, bahkan tidak diperhatikan.

Potensi yang belum dikembangkan secara maksimal di Tasik ialah industri bordir yang sudah mendunia, tetapi sekarang pemerintah kota tasikmalaya mulai membuat suatu tempat pameran bordir untuk para pengrajin Tasik, yang berlokasi di Kawalu.
Tugu Kebulatan Tekad.

Tugu kebulatan tekad Rengasdengklok dibangun untuk mengenang kebulatan tekad para pemuda dan pejuang serta tokoh-tokoh bangsa ini untuk melepaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda, menuju negara Indonesia yang merdeka. Tugu ini berbentuk tangan kiri yang mengepal diartikan sebagai simbol perlawanan, sedangkan tangan kanan tidak dilukiskan karena diasumsikan sedang memegang senjata.

Awalnya adalah rumah seorang keturunan bernama Djiaw Kie Siong, di rumah inilah Soekarno dan Bung Hatta beserta tokoh-tokoh pemuda merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Di tempat ini pulalah untuk pertama kalinya bendera merah-putih dikibarkan pada tanggal 16 Agustus 1945.

Berlokasi di kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, sekitar 20 Km dari pusat kota Karawang.

Monumen Rawagede.

Monumen ini didirikan untuk mengenang tewasnya 213 orang warga sipil yang teguh mempertahankan persembunyian para pejuang kala itu. Di tempat ini terdapat diorama yang menggambarkan kekejaman tentara belanda yang membantai penduduk, termasuk diantaranya para wanita dan anak-anak. Di tempat ini juga dikuburkan sekitar 200 orang korban tersebut. Berlokasi di kecamatan Rawamerta kabupaten Karawang. Sekitar 10 Km dari pusat kota.
Curug Cigentis.

Curug Cigentis merupakan sarana wisata unggulan kabupaten Karawang, curug ini berada di kaki gunung Sanggabuana, panorama sepanjang jalan menuju air terjun ini sangatlah indah dan berudara bersih, jauh dari polusi kota besar.

Walaupun jalan menuju air terjun ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 2 Km dari area parkir kendaraan, namun dengan suguhan pemandangan alam yang memikiat rasa lelah anda akan cepat terobati. Berlokasi di desa Mekarbuana kecamatan Tegalwaru kabupaten Karawang, sekitar 44 Km dari pusat kota.

Curug Bandung.

Curug Bandung merupakan keajaiban alam dengan tujuh air terjun dalam satu aliran sungai, dari mulai curug picung, dan yang terbesar adalah curug bandung. Masih berada di kaki gunung Sanggabuana, perjalanan menuju curug ini cukup beratyaitu dengan menempuh perjalanan kai sejauh kurang lebih 3 Km. Di salah satu air terjun yaitu curug Peteuy tersedia sarana outbound serta fasilitas pertemuan dan sarana rekreasi lainnya.

Berlokasi di desa Mekarbuana kecamatan Tegalwaru kabupaten Karawang, sekitar 42 Km dari pusat kota.


Pantai Tanjung Pakis.

Pantai ini berlokasi di ujung utara Karawang. Sebuah pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang.

Pemandian Air Panas Ciawi.
Apabila anda menuju Tasik dari kota Bandung, di pertigaan Nagreg anda bisa mengambil rute melewati Ciawi (lihat petunjuk jalan yang ada), setengah perjalanan anda akan melewati pemandian air panas Ciawi.


Kolam air panas Ciawi tidaklah sebaik kolam Cimanggu atau Ciater di Bandung, tetapi tempat ini cocok untuk tempat persinggahan dalam perjalanan anda ke Tasik atau ke Ciamis & Pangandaran. Terdapat dua kolam, tetapi airnya dingin, air panas dapat anda jumpai hanya pada kamar-kamar mandi kecil yang dapat anda sewa. Di sepanjang jalan terdapat rumah-rumah makan yang baik.


Pusat Kerajinan Tangan Rajapolah.

Desa Rajapolah berjarak sekitar 12 Km sebeleh utara Tasikmalaya, atau sekitar 75 Km dari pintu TOL Cileunyi Bandung. Rajapolah terkenal sebagai pusat kerajinan tangan di Tasikmalaya.

Di kiri-kanan sepanjang jalan Rajapolah banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang kerajinan khas Tasikmalaya, seperti kerajinan Bordir, Payung Tasik yang terbuat dari kertas, Kelom Geulis dan Batik Tulis, juga kerajinan dari anyaman bambu dan rotan.
Kampung Naga.

Kampung Naga
Salah satu objek wisata paling menarik yang tak bisa anda lewatkan di Jawa Barat ialah Kampung Naga yang terletak di Tasikmalaya. Kampung Naga merupakan sebuah desa tradisional yang masih memegang teguh adat istiadat dan mempertahankan kebudayaan yang berasal dari leluhurnya, baik bentuk bangunan, gaya hidup dan lain sebagainya. Kampung Naga terletak dekat dari jalan utama yang menghubungkan Garut dan Tasikmalaya, dari jalan raya tersebut ke lokasi bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan, sudah termasuk jalan kaki memasuki kampung. Baca Selanjutnya..
Gunung Galunggung.

Gunung Galunggung

Gakunggung merupakan salah satu gunung api ter aktif yang ada di dataran sunda. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1994, sedangkan letusan dasyat terakhir terjadi pada tahun 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983. Letusan gunung api dasyat yang sampai menimbulkan halilintar ini menampilkan pemandangan spektakuler yang didokumentasikan oleh dinas geologi amerika serikat. Baca Selanjutnya..

Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah kota kecil dan sebuah kecamatan di selatan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Hal ini terletak di pantai selatan Jawa. Pangandaran adalah tujuan wisata yang populer, terutama di kalangan pekerja asing / expatriate. Pangandaran memiliki pantai yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Jawa dan memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Baca Selanjutnya..

Green Canyon

Green Canyon
berjarak ± 31 km dari Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Baca Selanjutnya..
Mesjid Agung Manonjaya

Berlokasi di Desa Manonjaya sekitar 12 km dari pusat kota Tasikmalaya. Mesjid Agung Manonjaya dibangun sekitar tahun 1832 pada masa kerajaan Sukapura Kerajaan Sukapura yang meupakan cikal bakal berdirinya Tasikmalaya, yaitu oleh Raden Tumenggung Danuningrat.

Pantai Cipatujah
Sebuah pantai indah dengan hamparan pasir putih yang terletak di laut selatan Tasikmalaya. Pemandangan pantai yang indah & pasir putih yang menghampar luas cocok untuk anda yang senang bermain di pinggir pantai, juga terdapat muara sungai Cipatujah yang sangat cocok untuk wisata memancing.


Pantai Sindangkerta
Salah satu pantai di selatan Tasikmalaya, berjarak hanya sekitar 4 Km dari pantai Cipatujah. Pantai ini sebenarnya merupakan taman laut yang indah & luas, bawalah perlengkapan snorkeling supaya anda bisa menikmatinya. Di bulan-bulan tertentu pantau ini juga disinggahi oleh penyu-penyu hijau raksasa yang akan bertelur di tempat di mana mereka dilahirkan dahulu.

Pantai Pamayangsari
G. Papandayan
Pantai ini merupakan pelabuhan nelayan Tasikmalaya. Atraksi menarik di pantai ini terjadi pada waktu diadakan pesta laut oleh nelayan-nelayan setempat. Karena letaknya berdekatan dengan pantai Sindangkerta, tempat ini juga digunakan sebagai penangkaran penyu hijau.

Pantai Karangtawulan
Merupakan salah satu pantai berkarang yang curam. Sekitar 300 m dari bibir pantai terdapat beberapa atol atau pulau karang yang pada musim tertentu dihuni oleh berbagai jenis burung. Berlokasi di desa Cimanuk kecamatan Cikalong, sekitar 97 Km dari pusat kota Tasikmalaya atau sekitar 40 Km dari pantai Pangandaran. Sekitar 100 meter ke arah timur pantai Karangtawulan terdapat makam keramat Syech Abdul Rohman dan makam Eyang Garuda Ngupuk. Di sebelahnya terdapat Goa Parat dan Goa Lalay.

Lokasi Ziarah Pamijahan
Lokasi khas ziarah Pamijahan memiliki luas sekitar 25 Hektar, terletak di desa Pamijahan kecamatan Bantarkalong, berjarak sekitar 65 Km dari pusat kota Tasikmalaya ke arah Selatan. Di lokasi ziarah ini terdapat makam Waliyulloh Syekh Abdul Muchyi, yakni salah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat. Disamping itu juga masih terdapat makam-makam lainnya.

Perkebunan Teh Taraju
Perkebunan teh dengan luas 8.027 Hektar merupakan objek wisata pegunungan yang mencakup 5 kecamatan yakni Taraju, Bojonggambir, Culamega, Salawu dan Sodonghilir. Berjarak sekitar 45 Km dari pusat kota Tasikmalaya. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk merupakan ciri khas perkebunan teh Taraju.

Sungai Cilangla dan Curug Dengdeng.
Curug atau air terjun Dengdeng di sungai Cilangka merupakan salah satu objek wisata air yang alamiah dan sangat mempesona di Tasikmalaya. Di sini anda dapat meikmati indahnya air terjun berundak dan keindahan alam yang masih perawan. Berlokasi di desa Cikawunggading kecamatan Cipatujah, berjarak sekitar 85 Km dari pusat kota Tasikmalaya.

Kota Tasikmalaya terletak anatara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis merupakan bagian dari Propinsi Jawa Barat yang saling berinteraksi dan berintegrasi. Perkembangan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun mengalamai peningkatan terutama dari volume pengunjung dan pengiriman misi kesenian ke luar Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu perlu diantisipasi jauh kedepan agar pnyelenggaraan Kepariwisataan dan Kebudayaan dapat berjalan lebih baik sesuai dengan harapan.

Kondisi bidang Pariwisata dan Kebudayaan saat ini pada umumnya cukup baik walaupun banyak kekurangan yang perlu segera dibenahi.

Data potensi pariwisata, seni dan budaya Kota Tasikmalaya berdasarkan pendataan sampai dengan bulan juni tahun 2006 :

No. Potensi Pariwisata Seni dan Budaya Jumlah Satuan
1 Hotel Bintang 2 Buah
2 Hotel Melati 30 Buah
3 Objek Daya Tarik Wisata 9 Tempat
4 Restoran 10 Tempat
5 Rumah Makan 107 Tempat
6 Bumi Perkemahan 2 Tempat
7 Objek Sejarah 4 Tempat
8 Benda Cagar Budaya 1 Tempat
9 Bioskop 3 Tempat
10 Rumah Billiard 3 Tempat
11 Mesin Ketangkasan 5 Tempat
12 Pemancingan 13 Tempat
13 Kolam Renang 6 Tempat
14 Usaha Perjalanan 4 Buah
15 Angkutan Wisata 2 Buah
16 Lemdik Pariwisata 1 Buah
17 Seniman 47 Orang
18 Organisasi Kesenian 44 Lingkungan Seni
19 Seni dan Budaya Unggulan 6 Jenis
20 Pramuwisata 3 Orang


A. Potensi Pariwisata di Kota Tasikmalaya

1. Situ Gede
1. Sekilas Objek Wisata
Salah satu sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal yang dapat diandalkan untuk pembangunan perekonomian masyarakat Kota Tasikmalaya adalah objek wisata situ gede yang terletak dikelurahan Linggajaya dan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi.

Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 s.d. 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha, dipulau ini dimakamkan Eyang Prabudilaya yang legendanya berkembang di masyarakat Kota Tasikmalaya, letak situ gede relatif dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya, kuang lebih+4 km.
Fasilitas bagi wisatawan adalah gazebo 7 buah, tempat parkir cukup luas, masjid, MCK, rakit, tempat memancing, taman dan camping ground.
2. Aktivitas para wisatawan yang dapat dilakukan adalah joging, memancing, menjala ikan, mengelilingi pulau dengan rakit, menikmati pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar, menikmati bakar dan goreng ikan dikios-kios sekitar objek wisata, serta ziarah ke pulau situ gede. Prospek Pasar
3. Prospek Wisata Alam Situ Gede merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kota Tasikmalaya dengan jarak relatif dekat dengan pusat kota. Rata-rata Tingkat Kunjungan : 9.950 orang/tahun.

2. Taman Rekreasi Mangkubumi Indah
Objek wisata ini terletak di Jl. A.H. Nasution / Singaparna, kurang lebih 6 km dari pusat kota. kondisi alamnya yang sejuk dan alami membuat suasana tenang untuk para pengunjung, taman rekreasi ini dilengkapi kolam renang, panggung hiburan, hotel restoran, kantin, area bermain anak-anak, sepeda air, gazebo, mushola dan gedung pertemuan serta are parkir yang luas. Taman rekreasi kurang lebih 5 Ha. Rata-rata tingkat kunjungan wisatawan 42.260 orang/tahun.
3. Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya (Aboh)
Taman rekreasi ini terletak di Jl. Sukamulya/Aboh lebih kurang 400m dari gedung Bale Kota Tasikmalaya, kondisi dilingkungannya yang bersih dan asri membuat nyaman bagi pengunjung yang daang. Adapun fasilitas yang ada yaitu : Kolam renang untuk balita, anak-anak dan dewasa, arena bermain anak, mesin ketangkasan, sepeda air, kantin, gazebo, mushola serta koleksi binatang pribadi yang khas. Rata-rata tingkat kunjungan wisata Aboh adalah 105.250 orang/tahun.

4. Makam Syeh Abdul Ghorib
Tempat wisata ziarah ini merupakan makam penyebar agama Islam, kondisi lingkungannya yang sejuk dan alami jauh dari kebisingan membuat suasana peziarah tenang dalam melakukan ziarah. Lokasinya terletak di kampung Cibeas kelurahan gunung Tandala/Gunung Gede Kecamatan Kawalu. Tingkat pengunjung peziarah 1024 orang/tahun.

B. Potensi Seni dan Budaya di Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya memiliki potensi seni budaya yang beragam dan sumberdaya manusia yang cukup baik dan salah satunya adalah seni Helaran Angklung Badud. Seni ini lahir dan berkembang secara turun temurun dilingkungan warga desa Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Dengan perlegkapan utama seperangkat Angklung Buhun yang berusia kurang lebih 1 abad, tetpai masih memiliki suara yang nyaring dan stabil. Seni Helaran Angklung Badud ini mnjadi satu potensi seni budaya Kota Tasikmalaya yang dapat diunggulkan dalam menunjang promosi wisata Kota Tasikmalaya.
drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.drs.iwan geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar